INBETWEEN POSE SKETCH, BALANCE OF POWER, DAN WEIGHT DI ANIMASI 2D


INBETWEEN POSE SKETCH, BALANCE OF POWER, DAN WEIGHT DI ANIMASI 2D

Dilarang meng-copy artikel, semua konten yang ada.
Copyright all right reserved ©2020: M.S. Gumelar Ig: @bubblegumelar 
Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar

BALANCE OF POWER
Keseimbangan kekuatan (balance of power) disebut juga equilibrium atau yin yang atau cukup dengan kata keseimbangan. Keseimbangan kekuatan diperlukan dan sangat berarti dalam animasi 2D agar hasil animasinya terlihat alami. Contoh sederhana adalah meriam menembakkan peluru, saat peluru ditembakkan, meriamnya akan terdorong ke belakang, oleh karena itu agar meriam tidak bergerak jauh ke belakang diberi penahan di belakangnya.





Intinya adalah setiap kekuatan yang bergerak dari satu arah akan mendapatkan perlawanan dengan kekuatan yang sama dari arah yang berlawanan. Contoh lainnya adalah papan untuk lompat berenang (swimming pool jump board) yang cenderung lentur. Bila papan tersebut mendapatkan tekanan dari satu arah, maka papan lompat tersebut akan melawan balik dengan menggunakan kekuatan yang didapatnya ke arah lainnya, bila diberikan symbol gerak untuk gambar inbetween maka kurang lebih seperti gambar di bawah.






INBETWEEN POSE SKETCH
Pelajaran sebelumnya telah dimengerti inbetween di antara key drawing dengan menggunakan simbol inbetween, perhatikan gambar sebelumnya di balance of power atau dapat dipelajari ditutorial sebelumnya. Kali ini penulis memberikan tambahan dengan kata kunci inbetween pose sketch. Apa perbedaaan antara inbetween symbol dengan inbetween pose sketch symbol, perhatikan contoh untuk animasi objek sosis di bawah ini










Setelah simbol inbetween pose sketch diganti dengan gambar, perhatikan bahwa gambar sosis inbetween yang berwarna hitam mengikuti bentuk lengkungan dari inbetween pose sketch tersebut. Ya inbetween pose sketch memberikan pose sketsa pada inbetween untuk mempermudah dan memberi petunjuk (clue) pose gerak kepada para animator. Apakah inbetween pose sketch ini wajib ada? Tidak wajib, tetapi sangat membantu bila ada.


BALANCE OF POWER
Perhatikan bahwa dengan menambahkan inbetween pose sketch, gerakan membal animasi sosisnya cenderung alami, sosis mengalami membal dan pengubahan bentuk karena sosis mendapatkan penyeimbangan tenaga karena gravitasi dan juga karena materia bahan pembuatnya. Mau belajar langsung atau mau belajar online? Yuk gabung




Tutorial versi video berikut ini:














WEIGHT
Materi bahan pembuatnya berpengaruh pada massa jenis material yang dibuat untuk animasi. Massa jenis suatu benda tentu akan berbeda, misalnya berat (weight) materi besi dengan bola karet akan berbeda dengan bola balon yang berisi udara, simulasi animasi berikut akan memberikan pemahaman dan pengertian terjadinya animasi karena berat dari bahan yang berbeda.








Tutorial lebih lengkap dan sudah jadi, disertai contoh-contoh gerakan umum seperti berjalan, berlari, berjinjit, dan sebagainya ada di ebook "2D Animation Hybrid Technique" yang dapat dibeli di Play Store di link berikut:






Selamat belajar, semoga tutorial yang mencakup teknik dan prinsip ini memberi bekal kepada para pembaca, salam belajar dan sukses selalu untuk semuanya.


Bila ada pertanyaan dapat melalui WA: 087786666745 atau ig: @bubblegumelar 


Dilarang meng-copy konten, artikel, dan video. Copyright all rights reserved © 2020 M.S. Gumelar  Ig: @bubblegumelar Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar


Comments

Popular Posts