Dasar Animasi Karakter Berjalan



Dasar Animasi Karakter Berjalan


copyright all rights reserved ©2020: M.S. Gumelar Ig: @bubblegumelar 




Untuk mengerti, memahami, dan mempraktikkan tutoria ini, ada baiknya mempelajari tutorial sebelumnya di link berikut, lalu yang ini, dan yang ini. Bila sudah, silakan dilanjutkan ke tutorial yang ini. Membuat karakter berjalan cara yang termudah adalah menjadikan kaki sebagai acauan, dalam contoh ini penulis memberikan contoh bola yang bergerak seperti kaki, penulis memberikan dua contoh gerakan ala kartun, contoh animasi sequence pertama adalah gerakan bola dengan gerak dipercepat (velocity up/slow out/easy in) saat mulai awal gerak kemudian melambat (velocity down/slow in/easy out) saat dipuncak, lalu dipercepat lagi saat mulai menyentuh lantai, karena dasar animasi gerak kaki berjalan terdiri dari dua kaki, maka gambar acuan juga terdiri dari dua yaitu kaki kanan dan kiri yang bergerak bergantian.




Berikut adalah hasil dari gambar di atas dan diterapkan dalam animasi kartun gif yang sudah jadi.




Kemudian versi kedua, penulis memberikan gambar acuan berikut, di mana berbeda dengan gambar acuan sebelumnya, kali ini gerakan dari lambat ke cepat, paling cepat saat di puncak, kemudian melambat saat menyentuh lantai atau pijakan dengan gaya kartun.


Berikut adalah hasil dari gambar di atas dan diterapkan dalam animasi gif yang sudah jadi, perhatikan gerakan apa yang cocok untuk dua landasan gerak berjalan ala kartun yang berlebihan (exaggerated)  penulis telah berikan sebagai contoh. 





Kini penulis mengganti acuan gambar sequence pertama bola hitam dari bola menjadi sepatu dan telah menjadi animasi di bawah berikut ini:




Penulis mengubah ketinggian langkah kaki dari berlebihan ala kartun ke lebih alami, hal ini dengan mengurangi ketinggian puncak langkah kaki ke relatif lebih rendah dari sebelumnya, dengan melakukan hal tersebut, langkah kaki cenderung relatif lebih nonkartun, hasil animasi pengubahan yang telah dilakukan di bawah berikut ini:





Kini penulis juga mengganti acuan gambar sequence kedua dari bola merah menjadi sepatu dan telah menjadi animasi relatif ala kartun di bawah berikut ini:







Penulis mengubah ketinggian langkah kaki dari berlebihan ala relatif kartun ke relatif lebih alami, hal ini dengan mengurangi ketinggian puncak langkah kaki ke relatif lebih rendah dari sebelumnya, dengan melakukan hal tersebut, langkah kaki cenderung relatif lebih nonkartun, hasil animasi pengubahan yang telah dilakukan di bawah berikut ini:






Dengan mengerti, memahami, dan mempraktikkan dasar gerak berjalan tersebut di atas, akan memudahkan animator pemula memberi gerakan suatu karakter berjalan tanpa menghafalkan dan mencontoh gerak animasi berjalan yang sudah ada, tantangannya adalah di sana, karena ada potensi beberapa studio memberikan tes bouncing ballbouncing ball with tail, dan karakter sederhana berjalan, berlari, tip toe, sneak, dan lainnya sesuai keperluan mereka. Kemungkinan bila teman-teman membuat studio animasi sendiri juga potensinya akan melakukan tes dengan materi tersebut.



Kini setelah memahami gerak kaki, penulis menambahkan betis, paha serta tubuh, dan kepala, terlebih dahulu, kemudian nanti terakhir ditambahkan gerak tangan, hal ini untuk memudahkan membuat animasi karakter lebih baik. Sengaja penulis memberikan contoh gambar jalan sederhana berulang (walk cycle) sequence sederhana ala stickman karena fokus animasi utamanya adalah pada gerak yang alami (natural motion) berdasarkan fisika (based on physics) dan gambar  bagus tidaknya saat ini adalah hal kedua, bila sudah andal membuat gerakan animasinya, maka gambar bagus akan memberi nilai lebih di kemudian hari.


Perhatikan contoh saat berjalan, posisi paling tinggi adalah saat salah satu kaki diangkat paling tinggi, kemudian posisi terendah adalah saat kedua kaki menginjak lantai atau pijakan. Saat diedit, perhatikan area kaki harus tepat di gerakkan gambar dan posisi kaki sebelumnya, seperti di gambar di bawahnya sequence bernomor.




Animasi gif di bawah berikut ini adalah hasil dari penggabungan semua sequence dari karakter stickman yang masih tanpa tangan ini berjalan dari kiri ke kanan dengan gaya gambar relatif kartun ala stickman.




Gambar sequence di bawah berikut  adalah karakter stickman di atas, kali ini sudah diberi tangan, dengan cara seperti yang penulis berikan sebagai contoh, akan lebih mudah membuat suatu karakter berjalan, dimulai dari kaki, tubuh, kepala, dan kemudian tangan ditambahkan terakhir kali.



Hasil penggabungan sequence tersebut di atas, animasi gifnya seperti berikut ini:

Setelah membuat animasi stickman, kini terapkan pada yang lebih berisi, istilah yang penulis sebut bagman gaya gambar ala kartun, perhatikan area kaki, tidak ada kakinya, jadi langsung betis saja untuk menapak, hal ini dapat dilakukan setelah memahami dan banyak mempraktikkan animasi gerak kaki terlebih dahulu.








Untuk animasi cenderung realis, silakan dibuat sendiri berdasarkan kemampuan dan tingkatan menggambar masing-masing, untuk belajar dan praktik, silakan menggunakan karakter sederhana seperti stickman dan bagman.


Tutorial lebih lengkap dan sudah jadi, disertai contoh-contoh gerakan umum seperti berjalan, berlari, berjinjit, dan sebagainya ada di ebook "2D Animation Hybrid Technique" yang dapat dibeli di Play Store di link berikut:






Selamat belajar, semoga tutorial yang mencakup teknik dan prinsip ini memberi bekal kepada para pembaca, salam belajar dan sukses selalu untuk semuanya.


Bila ada pertanyaan dapat melalui WA: 087786666745 atau ig: @bubblegumelar 



Dilarang meng-copy konten, artikel, dan video. Copyright all rights reserved © 2020 M.S. Gumelar  Ig: @bubblegumelar Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar




Comments

Popular Posts