INBETWEEN, GRAVITASI, VECTOR, DAN POWER DECAY DI ANIMASI 2D


INBETWEEN, GRAVITASI, VECTOR, 

DAN POWER DECAY DI ANIMASI 2D


Dilarang meng-copy konten, artikel, dan video. Copyright all rights reserved © 2020 M.S. Gumelar 
Ig: @bubblegumelar Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar


INBETWEEN DAN GRAVITASI
Inbetween adalah gerak di antara key drawing untuk sequence (gerak lengkap) yang akan dibuat di animasi 2D. Key drawing ini merupakan gambar kunci untuk gerakan tertentu yang diberi tanda garis sebagai simbol untuk diisi oleh gambar sela di antara gambar key drawing yang telah dibuat.
Contoh 1 sequence untuk animasi 2D dengan dua key drawing bulatan bola di atas dan di bawahnya disertai simbol inbetween:


Contoh 2 sequence untuk animasi 2D dengan dua key drawing bulatan bola di atas dan di bawahnya disertai simbol inbetween telah digantikan dengan gambar inbetween yang sesungguhnya:


Animasi 2D bola di atas jatuh berdasarkan percepatan (velocity up/accelerate) karena gaya tarik gravitasi Bumi, perhatikan jarak gambar satu bola sebelum dan sesudahnya yang semakin menjauh, bola kemudian membal lagi (loop/cycle) ke atas dengan membuat duplikatnya dan melambat (velocity down/decelerate) karena gravitasi juga. Sengaja penulis membuatnya berulang (looping) tanpa berkurang powernya

Tutorial versi video bola membal secara berulang versi nonkartun dapat dilihat di bawah ini.







Tutorial video bola membal secara berulang (looping) versi kartun (cartoon) dapat dilihat di bawah ini.





GERAK VECTOR DAN POWER DECAY
Vector di animasi 2D bukanlah tentang gambar digital yang di-zoom gambarnya dan tidak pecah pixelnya. Vector adalah gerak suatu benda yang memiliki arah. Misalnya bola membal bergerak ke kanan, kanan adalah arah atau disebut vector. Video tutorial berikut menjelaskan cara membuat animasi bola membal yang disertai berkurangnya energi bola tersebut karena energinya habis saat benturan dengan lantai, lompatan berikutnya, dan juga menjadi suara, tapi memberi suara belum diberikan pada tutorial animasi bola membal nonkartun dengan berkurangnya energi ini (power decay).

POWER DECAY




Video tutorial berikutnya, bola membal gerak alami (animasi) cartoon dengan power decay






GERAK VECTOR
Contoh 3 sequence untuk animasi 2D dengan empat key drawing bulatan bola di atas dan di bawahnya disertai simbol inbetween dan vector bola membal ke kanan, perhatikan berkurangnya daya (power decay) saat membal, sekitar setengahnya untuk bola yang terbuat dari karet yang kenyal. Tutorial berikutnya adalah tentang gerak vector, di mana bola membal disertai arah (vector) ke kanan dengan berkurangnya energi (power decay).




Contoh 4 sequence untuk animasi 2D dengan empat key drawing bulatan bola di atas dan di bawahnya disertai gambar inbetween yang telah dibuat dan vector bola membal ke kanan, perhatikan berkurangnya daya (power decay) saat membal, sekitar setengahnya untuk bola yang terbuat dari karet yang kenyal nonkartun. Lihat tutorial berikut untuk memudahkan:





Contoh 5 sequence untuk animasi 2D dengan 9 key drawing bulatan bola di atas dan di bawahnya disertai simbol inbetween dan vector bola membal ke kanan, perhatikan berkurangnya daya (power decay) saat membal, sekitar setengahnya untuk bola yang terbuat dari karet yang kenyal, kali ini dengan gaya gerak dan gambar kartun.Mau belajar langsung atau mau belajar online? Kuy ku yu yuk gabung sejak awal di sini   atau mau ketemu langsung di sini
        






Bila ada pertanyaan dapat melalui WA: 087786666745 atau ig: @bubblegumelar 


Dilarang meng-copy konten, artikel, dan video. Copyright all rights reserved © 2020 M.S. Gumelar 
Ig: @bubblegumelar Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar




Comments

Popular Posts